LAPORAN PELAKSANAAN
KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT
(KPM) REGULER
TAHUN AKADEMIK 2011/2010
DESA : BLANG
DALAM
KECAMATAN : MADAT
KABUPATEN : ACEH TIMUR
DISUSUN
OLEH:
INDRA
ANGKASAH : 210
716 694
JULIAWATI : 260 616 201
KASMAYANI : 250
717 034
PUSAT PENGABDIAN KEPADA
MASYARAKAT (P2M)
IAIN AR-RANIRY
DARUSSALAM-BANDA ACEH
2011/2012
LEMBARAN PENGESAHAN
KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT (KPM) IAIN AR-RANIRY
ANGKATAN XLVII GELOMBANG I
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
Disusun Oleh:
NAMA / NIM
/ FAKULTAS / JURUSAN
INDRA
ANGKASAH / 210 716 694 / TARBIYAH / PAI
JULIAWATI / 260 616 201/
TARBIYAH / TMA
KASMAYANI / 250 717 034/ TARBIYAH
/ TFS
Menyetujui:
Dosen Pembimbing,
(ADE
IRMA, B.H, Sc, MA)
NIP
: 1973 3092 120000 3 2004
HALAMAN
PENGESAHAN
TINGKAT
KESADARAN MASYARAKAT DESA BLANG
ANDAM
KECAMATAN
MADAT
KABUPATEN ACEH TIMUR TERHADAP PENDIDIKAN DAN KEBERSIHAN
Nama Mahasiswa : INDRA
ANGKASAH / JULIAWATI / KASMAYANI
Nim : 210 716
694 / 260 616 201 / 250 717 034
Fakutas / Jurusan : TARBIYAH / PAI – TARBIYAH/
TMA – TARBIYAH /
TFS
Darussalam, Banda Aceh
Tanggal
November 2011
Mengetahui
Penguji
( Drs.
Mahmud Saleh, M.Ag ) (
Drs. Ismail Anshari, MA )
NIP. NIP.
Mengetahui,
Kepala
Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat
(Drs.
H.M. Husein A Wahab)
NIP.1950 1227 197903 1 005
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah yang telah
memberikan hidayah dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat
membuat laporan Kuliah Pengabdian Masyarakat ( KPM) Reguler yang bertempat di
Desa Blang Andam Kecamatan Madat Aceh Timur
yang telah selesai penulis susun.
Shalawat dan salam kepada penghulu kita Nabi Muhammad SAW yang telah
mengarahkan kita ke alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan sebagaimana yang
kita rasakan pada saat ini.
Laporan ini berisi gambaran umum
tentang pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Reguler selama 45 hari
atau satu bulan setengah, baik itu gambaran tentang keadaan desa, kegiatan dan
program yang dilaksanakan dan masukan-masukan dalam rangka menjalankan salah
satu mata kuliah yaitu Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM).
Tidak lupa
penulis mengucapkan terima kasih kepada Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat
(P2M), Bapak Supervisor, Kepala Desa Blang Andam, Imam Masjid, Ketua Pemuda, dan
seluruh perangkat desa lainnya serta seluruh masyarakat yang telah ikut
membantu terlaksananya kegiatan kami ini.
Ucapan terima kasih kami juga kepada seluruh rekan-rekan
mahasiswa KPM yang se-angkatan khususnya di Kecamatan Madat, yang seiring
langkah bersama penulis dalam melaksanakan semua program-program dan segala aktivitas
dari awal sampai dengan selesainya pengabdian.
Demikianlah paparan dari penulis
yang mudah-mudahan Allah SWT selalu memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada
kita semua dan semoga laporan pelaksanaan KPM ini dapat bermanfaat bagi penulis
khususnya dan pembaca umumnya.
Meskipun laporan akhir ini telah
diusahakan semaksimal mungkin dengan upaya yang ada pada penulis, namun pasti
ada kekurangan dan komentar yang konstruktif dari seluruh pembaca, demi
terciptanya ke arah kesempurnaan sebagai karya ilmiyah.
Akhir kata penulis berdoa kehadirat
Allah SWT agar laporan ini menjadi satu amal kebaikan bagi penulis dan semoga
ada manfaatnya dalam misi mengembangkan
ilmu pengetahuan. Aamin Ya Rabbal A’lamin.
Banda Aceh, November 2011
Penulis
DAFTAR
ISI
LEMBARAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR................................................................................ i
DAFTAR ISI................................................................................................ iii
DAFTAR TABEL....................................................................................... iv
DAFTAR LAMPIRAN.............................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
A.
Lokasi Kuliah Penagabdian
Masyarakat (KPM)................... 1
B.
Pembangunan
Fisik................................................................ 2
C.
Kondisi
Umum Gampong Baro............................................. 2
D.
Wilayah
Adminitrasi Pemerintah Gampong Baro................. 4
E.
Keadaan
sosial Ekonomi Penduduk...................................... 4
F.
Mata
Pencarian Masyarakat Gampong.................................. 6
G.
Kondisi
sosial Masyarakat..................................................... 7
H.
Permasalahan di Lokasi......................................................... 8
1.
Permasalahan................................................................... 8
2.
Solusi............................................................................... 10
I.
Metode Pendekatan............................................................... 12
BAB II PERSIAPAN
A.
Persiapan
Sebelum Berangkat Ke Lokasi.............................. 15
B.
Persiapan
Setelah di Lokasi................................................... 16
BAB III KEGIATAN-KEGIATAN
LAPANGAN
A.
Bidang Agama....................................................................... 18
B.
Bidang Pendidikan / Sosial Budaya...................................... 18
C.
Bidang Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan................... 19
D.
Bidang Administrasi dan
Pemerintahan Desa....................... 19
E.
Bidang Sarana dan Prasarana...................................................... 19
F.
Bidang
Pemberdayaan Keterampilan.................................... 19
G.
Lain- Lain.............................................................................. 19
BAB IV PERSPEKTIF PENGEMBANGAN
A.
Faktor-faktor
Pendukung...................................................... 22
B.
Faktor-faktor
Penghambat..................................................... 22
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan............................................................................ 24
B.
Saran-saran............................................................................. 25
DAFTAR TABEL
Tabel I : Jumlah Penduduk
Tabel II : Jumlah Penduduk
Menurut Golangan Usia
Tabel III : Jumlah Penduduk
Menurut Usia Wajib Belajar
Tabel IV :
Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan
Tabel V : Penduduk
Menurut Tingkat Agama
Tabel VI :
Kegiatan Sosial Gampong Baro
Tabel VII :
Nama Peserta Mahasiswa KPM
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran I :
Profil Desa Gampong Blang Andam
Lampiran II :
Program Kerja Peserta KPM IAIN Ar-Raniry
Lampiran III :
Daftar Kegiatan Peserta KPM IAIN Ar-Raniry
Lampiran IV : Struktur Pemerintahan Desa Blang Andam
Lampiran V :
Struktur Organisasi Pemerintahan Desa Blang
Andam
Lampiran IV : Surat-Surat Keterangan Dari Desa Blang
Andam
Lampiran VII : Foto-foto
Kegiatan KPM
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Lokasi
Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM)
Krueng Sabee
merupakan salah satu nama kecamatan di kawasan Kabupaten Aceh Jaya, yang letak
geografisnya sebelah utara berbatasan dengan Samudra Hindia , sebelah selatan
berbatasan dengan kecamatan Panga bagian Utara, sebelah timur berbatasan dengan
Kecamatan panga dan kecamatan tenom dan sebelah barat berbatasan dengan
Kabupaten Aceh Besar.
Kecamatan Krueng
Sabee terdiri dari 2 kemukiman
yaitu Kemukiman Calang dan Kemukiman
Krueng Sabee.
Berdasarkan uraian
desa-desa yang terletak di masing-masing mukim, jelas bahwa di kecamatan Krueng
Sabee terdapat 17 desa, dan dari ke 17 desa tersebut tidak semuanya terpilih
untuk ditempatkan mahasiswa IAIN Ar-Raniry yang mengambil mata kuliah
Pengabdian Masyarakat (KPM), dan hanya 15 desa yang menerima mahasiswa KPM IAIN
AR-Raniry, Sedangkan 2 desa lagi menolak/ tidak menerima mahasiswa KPM
berdasarkan alasan tertentu dari desa tersebut.
1. Letak Geografis Desa
Gampong Dayah Baro termasuk
dalam wilayah kemukiman Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya
dengan luas wilayah 1.300 ha. Secara Administrasi Gampong Dayah
Baro berbatasan dengan:
1. Utara : Berbatasan dengan Gampong Blang
2. Selatan : Berbatasan dengan Samudra Hindia
3. Barat : Berbatasan dengan Gampong Sentosa
4. Timur : Berbatasan dengan Gampong Keutapang
2. Kondisi Geografis Desa
a.
Suhu
udara rata-rata : sedang
b.
Topografi
(daratan rendah, tinggi, pantai) :
daratan rendah
c.
Orbitrasi
(jarak dari pusat pemerintahan) :
6 Km
d.
Jarak
dari ibukota
provinsi :
140 Km
e.
Jarak
dari kabupaten :
2
Km
f.
Jumlah
penduduk Desa Ujung Padang sebanyak :
240 KK / 867 jiwa
3. Kondisi Sosial Kemasyarakatan
Berikut ini disajikan
jenis kegiatan sosial masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Golongan
|
Jenis kegiatan
|
1.
Pemuda
|
·
Pengajian Rutin (malam)
·
Bersama-sama membantu setiap ada acara dirumah warga.
·
Melakukan takziah ketempat orang meninggal.
·
Berkunjung ketempat orang sakit/musibah.
·
Olah raga.
|
2.
Ibu-ibu
|
·
Pengajian rutin(siang).
·
Takziah ketempat orang yang meninggal.
·
Berkunjung kerumah orang sakit.
·
Kegiatan Arisan Kampung .
|
|
·
Pengajian Rutin (malam)
·
Bersama-sama melakukan fardu kifayah apabila ada yang meninggal.
·
Takziyah ketempat orang yang meninggal
·
Berkunjung ketempat orang yang sakit.
|
Tabel I. Kegiatan Sosial
Masyarakat di Gampong Dayah Baro
Jumlah mahasiswa(i) Kuliah
Pengabdian Masyarakat (KPM) angkatan XLVIII Tahun 2012 gelombang I semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 yang ditempatkan di Gampong Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya berjumlah 6 orang, dengan rincian 4 orang laki-laki dan 2 orang perempuan, dengan
fakultas dan jurusan yang berbeda, yaitu dari
Fakultas Tarbiyah, Syariah Dan Fakultas Adab. Peserta KPM yang ditempatkan
di Gampong Dayah Baro selama
45 hari tinggal di tempat terpisah, untuk peserta yang perempuan
ditempatkan di rumah keluarga Pak Geuchiek,
sedangkan peserta laki-laki tinggal terpisah dengan menyewa rumah..
Berikut ini tabel peserta KPM
yang bertugas di Gampong Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee
Kabupaten Aceh Jaya.
No
|
Nama
Mahasiswa
|
Nim
|
Jurusan
|
1
2
3
4
5
6
|
Muhammad
Tsabirin
Kismanto
Martunis
Sarizal
Nurmasyitah
Yuliastuti
|
280 818
393
|
TBA
TFS
SAS
SAS
PMI
TBL
|
Tabel II. Nama mahasiswa(i) peserta KPM
4. Kondisi Ekonomi Desa
Demikian pula disektor usaha ekonomi, masyarakat Gampong Dayah Baro memiliki beberapa sektor usaha ekonomi misalnya usaha jual beli,
pertukangan, Buruh
Harian, mengolah lahan pertanian dan perkebunan atau bertani
serta Melaut.
5.
Kondisi Demokrafis Desa
Gampong Dayah
Baro memilki total Jumlah Penduduk sebayak 867 jiwa, yang terbagi kedalam dua
jenis kelamin yaitu Laki-laki sebanyak 499
jiwa dan perempuan sebanyak 368 jiwa,
dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 240 Kepala Keluarga.
B. Permasalahan di Lokasi
1. Permasalahan.
Dari hasil pantauan kami mahasiswa KPM selama 45 hari
tinggal di Gampong
Dayah Baro, ada beberapa hal yang kurang diperhatikan oleh
masyarakat setempat mengenai masalah kebersihan dan pendidikan. Permasalahan
tingkat kebersihan dapat dipengaruhi oleh beberapa hal di bawah ini :
- Kurangnya rasa sosialis sesama warga yang terpecah menjadi dua kelompok yang pro dan kontra terhadap kepemimpinan geucik.
- Kurangnya fasilitas Pendidikan.
- Malasnya masyarakat untuk membersihkan lingkungan desa mereka, dan tidak ada gotong royong secara rutin yang dilakukan oleh masyarakat.
- Kurangnya kebersamaan dalam shalat berjama’ah di meunasah gampong Blang Andam..
Pendidikan yang ada di tengah masyarakat dapat dilihat
dari segi pendidikan formal dan pendidikan informal. Pendidikan formal meliputi
pendidikan yang berada di lembaga pemerintahan contohnya (SD, SMP, dan SMU),
sedangkan pendidikan informal meliputi Taman Pendidikan Anak (TPA), dan
lain-lain.
Dari pemantauan dan pengalaman kami selama 45 hari di
desa Blang Andam, maka bisa dikatakan bahwa kondisi pendidikan masyarakat desa Blang Andam sedikit memprihatinkan, hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:
a. Partisipasi Masyarakat desa Blang Andam terhadap pendidikan sangatlah
kurang sehingga anak-anak mereka setiap pulang sekolah tidak lagi mengulang
mata pelajaran yang telah diberikan oleh gurunya, akan tetapi mereka lebih mengutamakan bermain. Dalam hal ini orang tua tidak ikut andil
untuk mengarahkan anak-anak mereka, sehingga bisa dikatakan bahwa kepedulian
dan tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak mereka sangatlah kurang.
.
b. Rendahnya pendapatan ekonomi masyarakat yang mengakibatkan banyak anak-anak
hanya menempuh pendidikan sampai tingkat menengah ke atas.
2.
Solusi
Setiap permasalahan yang dihadapi tentu adanya solusi
tertentu dalam penyelesaiannya. Demikian pula dalam hal ini kami selaku
mahasiswa membantu memberikan beberapa solusi tentang permasalahan yang
dihadapi masyarakat setempat yaitu:
a. Solusi dari masalah kebersihan.
a. Memberikan nasehat-nasehat ataupun materi-materi tambahan, kepada anak-anak
dan remaja disetiap pertemuan, baik pertemuan formal maupun informal, bahwa
pentingnya kebersihan dalam kehidupan.
b. Memberi contoh yang baik kepada masyarakat, dengan selalu menjaga
kebersihan meunasah dan perkarangan meunasah.
c. Mengajak masyarakat untuk melakukan gotong-royong.
b. Solusi dari masalah pendidikan
a.
Memberikan
motivasi kepada orang tua agar mereka memberikan dorongan kepada anak-anaknya
akan pentingnya pendidikan.
b.
Memberikan
pelajaran tambahan kepada anak-anak, berupa kesenian dan ketrampilan.
c.
Mengadakan
perlombaan untuk anak-anak TPA agar mereka termotivasi
untuk terus memberikan yang terbaik dari diri mereka.
d.
Ikut
Memberikan motivasi kepada anak-anak desa Blang Andam bahwa banyak jalan untuk
tetap melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Dimana ada kemauan
di situ pasti ada jalan.
C.
Metode Pendekatan dan Hambatan
Dalam hal ini kami menggunakan pendekatan secara
kekeluargaan dan dengan sikap intelektualitas, moralitas dan silaturrahim, sehingga masyarakat sadar dan tidak
merasa terpaksa dalam melaksanakan apa yang sepantasnya harus dilakukan.
Bersilaturrahim dengan pihak-pihak tokoh masyarakat
gampong dan orang tua-tua gampong untuk berkonsultasi dan mengawali program kegiatan KPM.
a.
Pendekatan dan Hambatan pada Masalah Kebersihan
a.
Memberikan
nasehat kepada anak-anak dan remaja Desa Blang Andam tentang pentingnya pendidikan dalam kehidupan
sehari-hari melalui pertermuan nonformal dan formal, seperti les sore, TPA dan
sekolah. Nasehat ini melekat lama dalam diri mereka, terlihat dari antusias
mereka untuk pergi ke TPA setiap harinya.
b.
Hampir
selalu membersihkan dalam dan perkarangan meunasah. Hambatannya adalah tidak
semua warga punya rasa tanggung jawab atas kebersihan meunasah.
c.
Melakukan
gotong royong Massal seluruh peserta KPM kesetiap desa-desa di Kecamatan Madat. Hambatannya adalah tidak semua warga
memiliki rasa tanggung jawab terhadap kebersihan desa, sehingga sebagian dari
mereka acuh tak acuh terhadap gotong royong yang diadakan.
b.
Pendekatan dan Hambatan pada Masalah Pendidikan
a.
Memberikan
pelajaran tambahan, seperti mengajar tarian, mengajar cara menbuat bross dari kain planel, mengajar praktek ibadah,
tajwid, dan lain-lain.
b.
Mengadakan
perlombaan untuk anak-anak TPA di tingkat kecamatan. Seperti lomba azan, cerdas
cermat, busana muslim dan lomba pidato.
c.
Memberikan
motivasi kepada anak-anak melalui pertemuan formal dan nonformal bahwa
keterbatasan biaya tidak mejadi penghalang bila kita mempunyai keinginan yang
kuat untuk melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya.
BAB II
PERSIAPAN
A. Persiapan Sebelum Berangkat ke Lokasi.
1. Pendaftaran Peserta
Sebelum
diberangkatkan ke lokasi KPM terlebih
dahulu para peserta mengikuti penyeleksian dan pembekalan (coaching) para peserta KPM dengan beberapa tahapan yang
dilaksanakan oleh pihak P2M. Pada tahap penyeleksian kepada setiap mahasiswa
sebelum menjadi peserta KPM diwajibkan mempersiapkan persyaratan administrasi
antara lain:
a. Menyerahkan bukti terdaftar sebagai mahasiswa semester berjalan.
b. Telah menyelesaikan mata kuliah dan telah disahkan judul skripsi dengan
menyerahkan foto copy yang telah dilegalisir dan memperlihatkan KRS asli.
2. Seleksi Peserta
Mahasiswa yang diterima sebagai salah seorang peserta KPM
adalah mahasiswa yang telah lulus dari seleksi atau penyaringan yan khusus diadakan
untuk itu. Penyaringan dimaksud dilakukan setelah terpenuhinya
syarat-syarat administrative tersebut diatas.
3. Pembekalan Peserta
Sebelum
melaksanakan KPM, para mahasiswa peserta KPM terleih dahulu harus
dibekali dengan beberapa ilmu pengetahuan baik yang bersifat teoritis maupun
ilmu terapa lainnya. Setelah dibekali dengan beberapa maxam pengetahuan,
pengalaman-pengalaman praktis serta kemampuan lain yang dapat mempermudah
pelaksanaan KPM, baru mahasiswa KPM diberangkatkan kelokasi pengabdian. Adapun
materi-materi pembekalan pesrta KPM adalah sebagai berikut:
a. Visi dan Misi IAIN Ar-Raniry.
b. Fungsi dan tujuan KPM.
c. Pelaksanaan Kegitan lapangan dan Penulisan Laporan Akhir.
d. Praktek Ibadah/Tajhiz Mayat.
e. Pembinaan Akhlakul Karimah.
f. Pelaksanaan Syariat Islam dan Implementasinya.
g. Teknik Penyusunan Program dan Pemilihan Macam-Macam Kegiatan.
h. Pemberdayaan Masyarakat Desa.
i. Menejemen TPQ dan Teknik Pengajaran
j. Penjelasan Tentang Pemberangkatan Kelokasi, Pengumuman, dan Penutupan.
Latihan pembekalan berlangsung selama 2 (dua) hari
pagi dan sore, dengan bentuk penyajian materi ceramah dan peragaan. Bentuk
terakhir terutama yang menyangkut dengan pengetahuan terapan. Hal ini dimaksud
untuk pemantapan peserta dalam rangka menerima materi yang disajikan, sehingga dapat
dipraktekkan kelak didalam lokasi KPM tempat pengabdian.
4. Pengorganisasian dan Penempatan Peserta.
Pengorganisasian dan penempatan peserta KPM Mandiri IAIN
Ar-Raniry dilakukan oleh panitia pelaksana KPM Mandiri sebagaimana tercantum dalam
surat keputusan rektor IAIN Ar-Raniry tentang pelaksanaan KPM itu sendiri.
B. Persiapan Setelah di Lokasi
Setelah tiba di lokasi, kami langsung diterima oleh Geuchik Gampong Dayah Baro. Setibanya di Gampong Dayah Baro kami beristirahat sejenak di warung kopi
bersama bapak
Geuchik Gampong Dayah Baro. beberapa saat kemudian dilanjutkan
dengan interview dengan bapak Geuchik tentang penempatan tempat tinggal kami
selama melaksanakan KPM. Menurut kesepakatan dan keputusan pak Keuchik maka
kami di tempatkan di 2 rumah yang berbeda, untuk peserta KPM yang perempuan ditempatkan Pak
Keuchik sedangkan yang peserta yang laki-laki ditempatkan di rumah yang kosong
yang disewa oleh pak geuchik.
Hari selanjutnya, kami melakukan survey dan observasi di lokasi Gampong Dayah Baro. Berdasarkan hasil pantauan,
sebagian masyarakat Gampong Dayah baro merupakan pendatang. Pada
saat perkenalan sudah terlihat bahwa masyarakat menyambut positif dengan
kehadiran mahasiswa KPM, sehingga kami tidak merasa asing ditengah-tengah
masyarakat.
Hasil dari observasi kami menyimpulkan bahwa penduduk Gampong Dayah Baro mendukung segala program yang telah kami susun selama berlangsungnya
kegiatan KPM di desa tersebut. Sehingga memudahkan kami untuk beradaptasi
dengan desa dan masyarakat setempat.
BAB III
KEGIATAN-KEGIATAN DI LAPANGAN
Kegiatan mahasiswa KPM Mandiri IAIN Ar-Raniry di Desa Blang
Andam lebih difokuskan pada kegiatan yang berhubungan dengan pengumpulan
pengalaman di lapangan dalam usaha meningkatkan ilmu kemasyarakatan bagi
peserta KPM.
A. Bidang Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan
1. Gotong royong
B. Bidang Pendidikan/Sosial Budaya
1. Mengajar di TPA
Ma’syaral Athfal
2. Mengajar di
Min Dayah Baro
3. Mengecat pos ronda
4. Membuat lapangan voli bagi
ibu-ibu Gampong dayah baro
5. Membuat
C.
Bidang Agama
Di antara kegiatan
keagamaan yang telah peserta KPM jalankan di Gampong dayah Baro,
kecamatan Krueng
sabee ialah:
1. Pengajian TPA
2. Praktek ibadah
3. Pengajian bersama pemuda
gampong
4. Pengajian Umum
warga gampong
5. Menghadiri takziah orang meninggal
6. Silaturrahmi dan Ta'ruf
D. Bidang Administrasi Pemeritahan
Desa
1. Survei wilayah
2. Pendataan warga
3. Aktif dalam kegiatan desa
E. Bidang Sarana Dan Prasarana
1.
Membuat pamplet tempat-tempat umum yang
terdapat didesa.
F. Lain-lain
1.
Praktek membuat kue coco crunch
2. Ikut menyukseskan acara perlombaan anak-anak TPA se-kecamatan Madat
3.
Acara perpisahan dengan masyarakat desa Blang Andam
BAB IV
PERSPEKTIF PENGEMBANGAN
Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM)
Reguler IAIN Ar-Raniry di desa Blang
Andam adalah pengabdian yang dilakukan penulis sebagai sarana
mengaktualisasikan pengetahuan yang pernah diperoleh semasa di bangku kuliah,
dan dipraktekkan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam pelaksanaan program KPM
banyak kegiatan yang penulis laksanakan berkaitan dengan manajemen dan administrasi.
Adapun program kegiatan
yang penulis lakukan selama 45 hari pelaksanaan KPM adalah :
1. Memberikan penyuluhan pentingnya TPA dan pengenalan metode pengajaran yang
baru kepada masyarakat Desa Blang Andam
2. Mengajar TPA.
3. Melakukan gotong royong hari Jum'at bersama masyarakat desa dan anak-anak
TPA
4. Mengajar les, mengajar Tajwid, dan Tarian untuk anak-anak TPA,
5. Mengajar Membuat kue ibu-ibu Desa Blang Andam
6. Gotong royong bersama peserta KPM membersihkan gampong.
7. Membuat Pamplet-pamplet.
A. Faktor-Faktor Pendukung
a. Adanya kerja sama yang baik antar peserta KPM dengan kepala Desa dan
stafnya, masyarakat, pemuda, tokoh masyarakat dan pemuka setempat sehingga
program berjalan lancar.
b. Adanya kepercayaan penuh dari masyarakat dan tokoh masyarakat terhadap
pelaksanaan program KPM.
c. Adanya bekal dan kemampuan serta pengalaman peserta KPM dapatkan di bangku
kuliah dan organisasi intra dan extra kampus sehingga peserta KPM tidak terlalu
mengalami hambatan dalam menjalankan program tersebut.
d. Keterbukaan dalam segala hal dan informasi yang di butuhkan oleh peserta
KPM.
e. Telah terciptanya kondisi keamanan yang kondusif serta suasana penuh
kekeluargaan dalam masyarakat.
f. Adanya kerja sama yang baik antara sesama peserta KPM dalam pelaksanaan
kegiatan.
B. Faktor-faktor penghambat program
KPM.
a. Terbatasnya waktu pelaksanaan KPM sehingga hanya dapat memprioritaskan
pengabdian dalam bidang tertentu saja.
b. Adanya perpecahan antara penduduk disebabkan oleh masalah pemilihan kepala
desa.
c. Keterbatasan dana.
d. Mayoritas mata pencarian penduduk Blang Andam adalah petani,dan buruh harian sehingga kurang adanya komunikasi dalam pelaksanaan kegiatan.
e. Mata pencarian masyarakat sebagian besar bertani, dan buruh harian, sehingga sulit untuk melaksanakan kegiatan pada siang hari.
f. PKK tidak jalan dan sulit untuk di jalankan kembali karena penduduk yang
kurang berminat dan sarana tidak memadai.
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kuliah Pengabdian masyarakat
(KPM) merupakan langkah awal pengabdian di tengah-tengah masyarakat bagi setiap
calon sarjana IAIN Ar-Raniry, agar dapat mengetahui permasalahan-permasalahan
yang timbul dalam masyarakat serta dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapat
di bangku kuliah untuk menunjang kemajuan masyarakat desa pengabdian.
Dengan
adanya pelaksanaan KPM ini, mahasiswa dapat mengenal sedikit banyak tentang
fenomena yang terjadi dalam masyarakat dan menganalisanya sesuai kapasitas
keilmuan yang dimiliki. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat memperkaya
khazanah keilmuannya berdasarkan realitas fakta-fakta dari setiap peristiwa
yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.
Waktu
45 hari merupakan waktu yang singkat terutama dengan padatnya kegiatan dalam
perbaikan masyarakat, dengan waktu yang tidak sampai dua bulan tersebut penulis
sebagai mahasiswa KPM mempraktekkan ilmu, teori, materi-materi yang selama ini
didapatkan dan dipelajari selama kuliah kemudian dapat diimplementasikan kepada
masyarakat luas sehingga nantinya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh
masyarakat itu sendiri.
Secara
keseluruhan kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan berjalan dengan lancar,
hanya ada beberapa bagian yang kurang mendapatkan dukungan dari masyarakat
setempat. Hal itu disebabkan karena kurangnya kesadaran dan rasa tanggung jawab
masyarakat terhadap kebersihan dan pendidikan di desa Blang Andam
B.
Saran-saran
Berdasarkan
pengamatan yang pantas mahasiswa lakukan selama melaksanakan kegiatan-kegiatan
di Desa Blang Andam kesempurnaan kegiatan-kegiatan serupa dimasa yang akan
datang maka dengan rasa kerendahan hati mahasiswa mencoba memberikan saran yang
semoga nantinya dapat membangun. Adapun saran-saran tersebut adalah:
1. Agar pemerintah
setempat, para orang tua dan juga pemuka masyarakat agar terus membina dan
melanjutkan pengajian yang telah ada di desa tersebut.
2. Mahasiswa mengharapkan
agar para orang tua dapat memotivasi anak-anak mereka dalam kegiatan keagamaan
dan pendidikan serta mengawasi mereka agar tidak terpengaruh dengan arus
globalisasi.
3. Hendaknya
masyarakat desa dapat bekerjasama dalam mengaktifkan organisasi desa demi
kemajuan desa itu sendiri.
4. Hendaknya antara
satu desa dengan desa yang lainnya di kecamatan
Bakongan dapat bekerjasama dengan baik demi memacukan desa-desanya.
5. Adanya
penyuluhan atau bimbingan dari pemerintah dalam bidang ekonomi, supaya dapat
membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang sudah menurun.
6. Diharapkan bagi
mahasiswa KPM IAIN Ar-Raniry yang ditempatkan
dilokasi pengabdian harus benar-benar siap dari kualitas keilmuan,
kepemimpinan, dan akhlak agar visi dan misi IAIN Ar-Raniry dapat tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar