Metode Pembelajaran Bahasa Arab
طـــريـــقة القــراءة
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK II
MUHAMMAD TSABIRIN ( 220 818 011 )
FUADI MARDHATILLAH ( )
UBAIDILLAH ( )
RENDI SABANA ( )
TARMIZI ( )
FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN BAHASA ARAB
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JAMI’AH AR-RANIRY
DARUSSALAM-BANDA ACEH
2010 M/1431 H
طرائق القواعد
طرائق لتعليم القواعد النحوية (او الصرف)
هناك طرائق عديدة لتعليم القواعد النحوية في المراحل الدراسية المختلفة، لكن أكثر هذه الطرائق شيوعاً، هي الطرائق التالية:
۱- الطريقة القياسية:
- تنتسب هذه الطريقة إلى استراتيجية التدريس التي تسمى استراتيجية الشرح النحوي.
خطواتها:
- يتم تقديم القاعدة أو الحكم أو التركيب اللغوي الجديد للتلاميذ، ثم تساق الشواهد والأمثلة لتوضيح هذه القاعدة الجديدة ، والتدريب عليها في أمثلة، ثم تعميمها، وذلك وفقاً للخطوات التالية:
- عرض عبارة أو العبارات التي تنص على القاعدة أو على جزء منها.
- يقوم التلاميذ بترديد عينة من الأمثلة الدالة على القاعدة، مع شرح المعلم للقاعدة في ضوء الأمثلة.
- يترك المعلم فرصة كافية لكي ينظر كل تلميذ في الأمثلة المقدمة ويمارسها؛ حتى يتمكن من صياغة أمثلة من عنده على منوالها.
مميزات الطريقة وعيوبها:
- أنها طريقة ذات فاعلية كبيرة في عرض الموضوعات الصعبة من القواعد.
- أنها توفر الوقت، حيث لا تستغرق وقتاً كبيراً في شرح القواعد.
- يعاب على هذه الطريقة أنها جافة.
- أنها تشعر التلاميذ بأن الموقف التدريسي رتيب ومصطنع.
- تشعر التلاميذ بصعوبة تطبيق القاعدة وتعميمها على جمل من عندهم.
- تجعل تعلم القواعد نوعا من التدريب العقلي بدلا من أن تجعله وسيلة لصحة الكلام والكتابة.
۲-الطريقة الاستنباطية أو الاستقرائية
خطواتها:
- يقدم المعلم للتلاميذ مجموعة من الأمثلة تتضمن القاعدة، وبعد قراءة الأمثلة يلفت المعلم نظر التلاميذ إلى أجزاء معينة من هذه الأمثلة ليلاحظوها،بحيث تجمع هذه الملاحظات لتكون تعميماً، ثم قاعدة تسجل وتطبق على أمثلة جديدة، ويتم ذلك وفقاً للخطوات التالية:
- عرض مجموعة من الأمثلة المحكمة الصياغة أو الاختيار، بحيث تبرز التركيب الجديد بشكل يمكن ملاحظته.
- إجراء ممارسة شفوية لهذه الأمثلة، كأن يقرأها التلاميذ ، ويناقشهم المعلم في معانيها وتراكيبها.
- استخراج التعميم الذي برز من خلال النشاط السابق.
- صياغة المعلم مع تلاميذه القاعدة.
- تطبيق القاعدة على أمثلة جديدة.
مميزات الطريقة وعيوبها:
- أن التلميذ يشترك مع المعلم في التوصل إلى صياغة القاعدة وتطبيقها.
- أنها تسهل على التلاميذ تعميم القواعد النحوية.
- يعاب عليها أنها تستغرق وقتاً طويلا
- تفضيل كثير من التلاميذ تقديم القاعدة لهم بدلا من مشاركتهم في استنتاجها.
۳- طريقة هربارت
- تنسب هذه الطريقة إلى المربي والفيلسوف الألماني فردريك هربارت.
- تعتمد هذه الطريقة على القياس والمناقشة والتحليل والموازنة والاستنباط
- تعتمد هذه الطريقة على نظرية الكتل المتآلفة التي تعنى بترابط الخبرات واتساقها واعتمادها على خبرات سابقة.
خطواتها:
- (المقدمة) يمهد المعلم للموضوع المراد تقديمه للتلاميذ.
- (العرض) يقدم المعلم الأمثلة أو القطعة الأدبية المتصلة بالموضوع المقدم.
- (الموازنة والمناقشة) حيث يقوم المعلم و التلاميذ بعمل موازنة بين الكلمات حسب موقعها في الجمل المختلفة وما اعتراها من تغيير، وعمل موازنات أخرى تتعلق بالجمل المتشابهة ؛ لإدراك الصفات المشتركة بينها توطئة لاستنباط القاعدة.
- (الاستنباط) حيث يتم استنباط القاعدة.
- (التطبيق) حيث يتم تطبيق القاعدة على جمل وأمثلة أخرى.
مميزات الطريقة وعيوبها:
- أنها تتيح الفرص أمام التلاميذ للتفكير والاستنباط والمشاركة.
- يعاب عليها أنها تعتمد على المعلم اعتمادا كليا في عرض الأمثلة وتدوينها.
Aturan modalitas
Metode untuk mengajar tata bahasa (atau drainase)
Ada banyak modalitas untuk mengajar tata bahasa pada tingkat akademik yang berbeda, tetapi metode yang paling umum adalah modalitas berikut:
1 - cara standar:
- Metode ini milik strategi pengajaran yang disebut tata bahasa komentar strategis.
Langkah-langkah:
- Al Qaeda disajikan, kalimat atau struktur linguistik mahasiswa baru, dan kemudian diberikan sebagai bukti dan contoh untuk menggambarkan ini aturan baru, dan pelatihan pada contoh, dan kemudian beredar, sesuai dengan langkah-langkah berikut:
- Melihat kata atau frase, yang memberikan dasar atau di bagian darinya.
- Para siswa mengulangi satu sampel contoh dari aturan, dengan guru untuk menjelaskan aturan dalam terang contoh.
- Daun guru kesempatan yang memadai untuk mempertimbangkan setiap siswa pada contoh yang diberikan dan dilaksanakan; untuk dapat merumuskan contoh jas.
Keuntungan dan kerugian dari jalan:
- Sebagai cara yang sangat efektif dalam penyajian topik sulit Aturan.
- Mereka menghemat waktu, di mana tidak mengambil banyak waktu untuk menjelaskan peraturan.
- Menyalahkan cara kering.
- Hal ini mengajar siswa yang situasi monoton dan buatan.
- Apakah sulit untuk menerapkan aturan murid dan penyebaran kalimat mereka sendiri.
- Membuat belajar aturan semacam pelatihan mental, bukan membuat jalan bagi kesehatan berbicara dan menulis.
2 - cara menyimpulkan atau induktif
Langkah-langkah:
- Guru memberikan siswa serangkaian contoh meliputi aturan, dan setelah membaca contoh-contoh menarik pandangan guru mahasiswa untuk bagian-bagian tertentu dari contoh-contoh ini untuk mengambil lebih banyak kenikmatan sedemikian rupa sehingga pengamatan ini menjadi lingkaran, maka register dasar dan terapan untuk contoh baru, dan sesuai dengan langkah-langkah berikut:
- Menampilkan koleksi contoh Mahkamah penyusunan atau pemilihan, untuk menyorot struktur baru dapat diamati.
- Melakukan latihan interpretasi untuk contoh-contoh, jika siswa membaca, dan guru Inaqchehem dalam arti mereka dan kombinasi mereka.
- Ekstrak melingkar yang muncul selama aktivitas dari masa lalu.
- Perumusan guru dengan murid-muridnya, al-Qaeda.
- Terapkan aturan terhadap kasus baru.
Keuntungan dan kerugian dari cara:
- Bahwa mahasiswa terlibat dengan guru dalam penyusunan peraturan dan penerapannya.
- Mereka memfasilitasi pengarusutamaan tata bahasa murid.
- Difitnah dibutuhkan waktu yang lama
- The preferensi banyak siswa untuk mengatur mereka, bukan partisipasi mereka dalam kesimpulan.
3 - Cara Herbart
- Metode ini disebabkan oleh filsuf Jerman dan pendidik Frederick Herbart.
- Metode ini tergantung pada pengukuran dan diskusi dan analisis, anggaran dan ekstraksi
- Metode ini didasarkan pada teori yang berhubungan dengan kelompok yang saling ketergantungan yang harmonis pengalaman dan konsistensi dan ketergantungan pada pengalaman sebelumnya.
Langkah-langkah:
- (Pendahuluan), paving guru dari subjek yang akan disajikan kepada siswa.
- (Supply) guru memberikan contoh atau bagian dari literatur yang relevan yang disediakan.
- (Anggaran dan diskusi), di mana guru dan siswa bekerja keseimbangan antara kata-kata sesuai dengan posisi mereka dalam kalimat dan kecepatan yang berbeda telah berubah, dan pekerjaan yang berkaitan dengan anggaran kalimat lain yang sejenis, untuk mengenali karakteristik umum, termasuk persiapan untuk pengembangan aturan.
- (Pengurangan), di mana aturan tersebut telah diciptakan.
- (Aplikasi) adalah di mana aturan ini berlaku untuk kalimat dan contoh-contoh lainnya.
Keuntungan dan kerugian dari jalan:
- Mereka memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir dan ekstraksi dan partisipasi.
- Difitnah itu tergantung sepenuhnya tergantung pada guru dalam presentasi contoh dan menuliskannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar